Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Resep Kue Talam Tiga Rasa


RESEP KUE TALAM TIGA RASA

Kue Talam Tiga Rasa, merupakan makanan atau camilan nusantara yang merupakan camilan tradisional masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia yang sangat di senangi, kue talam ini memiliki cita rasa yang sangat enak yaitu manis dan gurih. Rasa manis yang di peroleh dari gula aren/gula pasir dan juga dengan rasa gurih yang di dapatkan dari Santan.

Kue talam ini banyak disajikan untuk acara keluarga seperti Arisan, Pertemuan keluarga, bulan Puasa maupun di hari lembaran, kue talam ini  terbuat dari bahan dasar tepung beras di campur tepung tapioka.

Berikut resep dari Kue Talam Tiga Rasa:


BAHAN-BAHAN:

1.      Lapis Santan Putih

·         2 sachet Santan Instant

·         500 ml air

·         1 lembar daun pandan

·         ½ sdt vanili

·         250 g tepung beras

·         3 sdm tepung tapioca

·         1 sdt garam

2.       Lapis hijau daun Pandan

·         250 ml Juice pandan ( daun pandan yang sudah di blender halus)

·         1 sachet santan Instant

·         ¼ sdt garam

·         80 g gula pasir ( yang suka manis bisa ditambah)

·         ¼ sdt vanili

·         250 g tepung beras

·         3 sdm tepung tapioca

·         300 ml air

3.    Lapis Gula Aren/Merah

·         250 ml gula aren/merah yang sudah dicairkan

·         1 sachet santan instant

·         ¼ sdt vanili

·         ¼ sdt garam

·         2 sdm gula pasir

·         250 g tepung beras

·         3 sdm tepung tapioka 

Cara Membuat :

  1. Lapis Putih : campurkan semua bahan untuk lapis putih, (kecuali tepung beras dan tepung tapioka jangan dicampurkan dulu ke dalam mangkok) aduk didihkan dengan api sedang sampai mendidih lalu dinginkan sampai benar-benar dingin
  2. Lapis hijau pandan : campurkan semua bahan untuk lapis hijau pandan ( kecuali tepung beras dan tepung tapioka jangan dicampurkan dulu ke dalam mangkok)) aduk semua bahan didihkan dengan api sedang sampai mendidih lalu dinginkan sampai benar-benar dingin.
  3. Lapis gula aren / merah : campurkan semua bahan untuk lapis gula aren , (kecuali Tepung beras dan tepung tapioka jangan dicampurkan dulu ke dalam mangkok) aduk semua bahan dan didihkan dengan api sedang sampai mendidih lalu dinginkan sampai benar-benar dingin.
  4. Setelah semua adonan lapis benar-benar dingin, siapkan panci kukusan yang sudah di isi air, selanjutnya panaskan.
  5. Mulai dari lapis putih santan campurkan tepung beras dan tepung tapioca aduk rata, setelah tercampur rata masukan cairan lapis santan kedalam kukusan masak selama 10 menit sampai agak mengeras.
  6. Lanjutkan dengan lapis hijau daun padan campurkan dengan tepung beras dan tepung tapioka aduk hinga tercampur rata, masukan Kembali cairan adonan ke dalam kukusan masak Kembali kurang lebih 10 menit
  7. Lanjutkan dengan lapis gula aren/merah campurkan dengan tepung beras dan tepung tapioka aduk sampai tercampur rata, lalu masukan ke dalam kukusan seperti halnya dengan cara diatas masak kurang lebih 15 menit.
  8. Setelah semuanya di masak dan matang, dinginkan dan siap dipotong-potong, disajikan dan disantap oleh keluarga.

 Selamat Mencoba 😉

#untuk resep Kue Talam ini bisa juga di tonton di youtube channel saya : Dapur Denai

https://youtu.be/bz3nEUtNfR4


Comments

Popular Posts