Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Roti Sosis Empuk dan Kenyal

                                        Roti Sosis Empuk dan Kenyal


Siapa yang tidak suka dengan aneka roti apalagi kalau ini Roti Sosis yang Empuk dan Kenyal pasti orang dewasa dan anak-anak sangat menyukainya karena rasa dari roti ini sangat enak yang di kombinasikan dengan sosis yang di baluri oleh Saos sambel pedas manis, keju dan mayonnaise, waoo pasti enak banget dan di pastikan ketagihan.

Apalagi kalau rotinya buatan kita sendiri di rumah selain murah, bersih dan dapatnya pasti lebih banyak dan bisa di makan lebih dari satu.

Berikut ini saya berbagi resep cara membuat Roti Sosis Empuk dan Kenyal. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut

 

Bahan-bahan Roti :

450 gr + 50 gr tepung Pro tinggi (saya pakai tepung cakra kembar)

5 gr atau 1 sdt ragi instant

¼ sdt garam

5 sdm gula pasir

1 sachet susu bubuk (optional)

2 butir telur ayam ukuran besar

250 ml susu cair

2 sdm margarine

2 sdm butter atau bisa juga pakai margarine yang sudah tercampur dengan butter ya (seperti Royal palma)

2 sdm minyak zaitun atau minyak goreng 

Bahan olesan Roti

Susu cair kalau tidak ada susu cair bisa diganti pakai susu SKM di campur dengan sedikit air

Bahan isian :

Secukupnya sosis ukuran sedang

Bahan Toping Roti:

3 sdm Keju oles, di campur dengan 2 sdm susu SKM

3 sdm Mayonaise

3 sdm saos sambel yang rasa pedas manis

Cara membuatnya:

  • Siapkan wadah atau panci plastic lalu masukan tepung terigu pro tinggi
  • Tambahkan ragi instant, garam dan gula pasir
  • Tambahkan 2 butir telur ayam putih dan kuningnya dimasukan semua.
  • Aduk rata semua bahan roti hingga tercampur rata.
  • Lalu masukan susu cair sedikit-demi sedikit pada tepung uleni hingga semua tepung basah dan ingat jangan terlampau lembek ya. setelah adonan tepung sudah tercampur dan agak lembek tambahkan margarine dan butter secara bersamaan.
  • Uleni Kembali tepung adonan roti sampai kalis cara mudah membuat adonan menjadi kalis adalah dengan cara dibanting-banting seperti orang membuat mie, adonan akan sangat cepat menjadi kalis. Lamanya menguleni adonan kurang lebih 10 s.d 15 menit.
  • Selanjutnya istirahatkan selama 1 jam adonan roti yang sudah kalis dengan ditutup dengan plastik wrapping atau dengan wadah yang kedap udara.
  • Setelah1 jam buka adonan dan di uleni sekali lagi supaya udara yang ada pada adonan bisa keluar atau hilang.
  • Selanjutnya bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu bulat-bulatkan biasanya dapat 15 hingga 18 bulatan.
  • Selanjutnya ambil satu adonan yang sudah di bulatkan lalu gilas dengan rolling pin sampai pipih dan disesuaikan dengan Panjang sosis lalu balut sosis dengan adonan yang sudah dipipihkan atau dibentuk sampai sosisnya terbungkus adonan dan lakukan ini sampai adonan habis.
  • Selanjutnya gunting adonan yang sudah di isi sosis tapi jangan sampai putus ya dan tekuk adonan yang sudah di gunting ke arah kiri dan kanan senyerupai bunga angrek ya. lakukan ini sampai adonan yang sudah dibulat-bulatin  habis.
  • Sebelumnya jangan lupa oleskan cetakan roti dari alumunium foil dengan minyak zaitun atau minyak goreng.
  • Setelah semua selesai di cetak istirahatkan lagi adonan roti di wadah yang kedap udara yang sudah di cetak kurang lebih 30 menit atau sampai adonan roti mengembang dua kali lipat atau sampai menutupi cetakan.
  • Setelah 30 menit buka adonan roti sebelum di panggang kita olesankan adonan roti dengan susu cair lalu beri toping saos sambel pedas manis, keju oles dan mayonnaise di permukaan setiap adonan roti.
  • Panaskan oven tankring atau oven listrik sampai panas atau kurang lebih 10 menit.
  • Selanjutnya  panggang adonan roti hingga matang dengan suhu 180/ 25 menit atau sampai roti matang,  tanda roti sudah matang akan tercium bau harum roti atau bisa juga dengan mengecek roti dengan cara di tusuk pakai lidi setelah tidak ada lagi adonan yang nempel di lidi berarti roti kita sudah matang ya dan siap di sajikan.

Demikian resep dari Roti sosis empuk dan kenyal, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#reseprotisosis

#reseprotisosisempukdankenyal

#resepanekaroti

#caramembuatroti

#anekaroti

#caramudahmembuatrotilembut

#rotienak

cara membuat roti bisa juga dilihat ditayangan video di channel youtube :@ Dapur Denai ya

https://youtu.be/1BD2rv1SYow


 

 

Comments

Popular Posts