Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Goreng Jengkol Balado

 


Goreng Jengkol Balado

Siapa yang tidak tahu akan masakan satu ini Goreng Jengkol Balado, cara memasaknya sangat sederhana dan tentu banyak sekali yang menyukai masakan ini karena rasanya yang special bagi yang menyukainya, dan bisa menambah nafsu makan meningkat.

Dan dari informasi yang pernah saya baca jengkol juga mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes.

Jadi masakan goreng jengkol ini wajib juga kita coba dan santap. Nah langsung saja saya tulis  resep dan cara memasak goreng jengkol balado.

Bahan-bahan:

½ kg jengkol (pilih jengkolnya yang tua lebih legit)

1 bh Tomat

1 sdt terasi

Sesuai selera garam

1 sdt gula pasir

Secukupnya minyak goreng

2 lembar daun salam

Bumbu halus:

2 ons Cabe merah

6 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Cara Membuatnya:

  • Rebus jengkol sampai empuk tambahkan daun salam
  • Setelah jengkol empuk, pipihkan/ keprek jengkol dengan batu ulekan.
  • Bilas sebentar jengkol yang sudah di keprek dengan air matang.
  • Panaskan secukupnya minyak goreng, lalu goreng jengkol sebentar aja, jangan sampai keras ya.
  • Setelah jengkol di goreng sebentar angkat dan tiriskan.
  • Iris-iris tomat lalu panaskan secukupnya minyak goreng setelah panas masukan tomat goreng sampai layu, masukan terasi dan lanjutkan dengan memasukan bumbu halus atau cabe merah yang sudah dihaluskan ke dalam pengorengan.
  • goreng sambel cabe merah sampai harum dan wangi tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera.
  • Cek rasa kalo garam dan gula masih kurang bisa ditambahkan ya.
  • Kalo rasa sudah pas masukan jengkol yang sudah di goreng tadi aduk rata.
  • Pindahkan jengkol yang sudah jadi kedalam piring, siap di sajikan.

Demikian resep dan cara membuat goreng jengkol balado yang rasanya makyos banget. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba.

Note:

Jengkol direbus dan ditambahkan dengan daun salam, gunaknya supaya jengkol tidak begitu berbau.

Lebih bagus rebus jengkol 2x. Rebusan pertama rebus kurang lebih 10 menit lalu buag air rebusnya, lalu ganti air rebusan dengan yang baru, rebus lagi jengkol sampai empuk.

#resepgorengjengkolbalado

#gorengjengkolbalado

#resepanekamasakansimple

#anekamasakanenakdansimple

 

Comments

Popular Posts