Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Ayam Yakiniku ala Jepang



Ayam Yakiniku ala Jepang

 Resep masakan ayam yakiniku merupakan masakan ala Jepang,  biasanya masakan ini sering di buat dengan mengunakan daging sapi yang di panggang  dengan mengunakan berbagai aneka macam saos dan bumbu yang rasanya sangat khas. Akan tetapi masakan dari Jepang ini bisa juga kita kreasikan dengan mengunakan ayam dan rasanya sudah di sesuaikan dengan cita rasa lidah orang Indonesia sehingga masakan ini bisa di terima oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini saya mencoba membuat resep ayam yakiniku dengan bahan utamanya ayam dan resep yang ada di Indonesia, berikut ini resep dan bahan ayam yakiniku ala jepang yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Bahan :

1 ekor ayam potong kecil-kecil

1 buah jeruk nipis

3 siung bawang putih (parut/ cincang halus)

1 buah Bombay ( iris memanjang)

2 sdm minyak wijen

3 sdm kecap asin

1 sdt merica/lada bubuk

2 sdm tepung meizena ( sebagai bahan pengental )

2 sdm minyak goreng untuk menumis

4 sdm kecap manis

2 ruas jahe keprek

1 buah pabrika (optional)

2 batang daun bawang potong serong 

3 buah cabe merah besar potong serong

Secukupnya biji wijen

300 ml air

2 sdt gula pasir


Cara Membuatnya:

  • Cuci bersih ayam dan potong kecil-kecil 
  • setelah ayam bersih beri perasan air jeruk nipis di tambah 1 sdt garam aduk hingga rata.
  • Istirahatkan atau diamkan ayam selama 10 menit, setelah itu bilas hingga bersih.
  • Selanjutnya masukan  semua bumbu ke dalam wadah ayam yang sudah dibilas tadi seperti : bawang putih cincang, bawang Bombay iris, jahe, lada bubuk, minyak wijen, daun bawang, cabe merah besar, garam dan gula pasir aduk sampai tercampur rata dan diamkan atau istirahatkan (marinasi) selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit panaskan minyak goreng lalu tumis ayam yang sudah di marinasi tadi hingga harum dan ayam  berubah warna lalu tambahkan air masak hingga matang.
  • Selanjutnya tambahkan kecap asin dan kecap manis aduk hingga rata dan check rasa setelah sesuai dengan rasa beri larutan air tepung meizena aduk rata.
  • Ayam Yakiniku siap di sajikan dan disantap dan tidak lupa memberi tambahan taburan biji wijen dan daun bawang yang masih segar.

Demikian resep masakan ayam yakiniku ala Jepang semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

 

#resepayamyakiniku

#resepmasakanalajepang

#resepmasakankhasjepang

#resepanekamasakan

#masakanjepang

#masakanmudahdancepat

#resepmasakansimple

#resepmasakanfavorit

Comments

Popular Posts