Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Ikan Kembung Goreng Bumbu Pesmol





 Ikan Kembung Goreng Bumbu Pesmol

Ikan kembung bisa di olah dengan berbagai macam variasi masakan bisa digoreng, di balado,di gulai dan dll. Nah sekarang saya akan masak ikan kembungnya dengan bumbu pesmol atau bisa juga di sebut dibumbu kuning berikut ini resep dan cara membuatnya:

BAHAN-BAHAN:

1 kg ikan kembung

BUMBU IKAN:

1 ruas jahe

2 siung bawang putih

1 ruas kunyit

1 sdt ketumbar

½ sdt garam

BUMBU PESMOL:

10 buah cabe rawit merah (optional)

1 buah tomat potong-potong

2 batang daun bawang potong-potong Panjang

½ batang serai keprek

2 lembar daun salam

2 ruas lengkuas keprek atau memarkan

2 lembar daun jeruk

 Garam secukupnya

 1 sdt gula pasir

¼ sdt lada bubuk (optional)

150 ml air

Minyak goreng secukupnya

BUMBU HALUS:

7 Siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 ruas kunyit

1 ruas jahe

2 buah cabe merah keriting

3 butir kemiri

Cara Membuatnya:

  • Cuci bersih ikan kembung.
  • Haluskan  atau  blender bumbu ikan seperti bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, selanjutnya balurkan atau aduk rata ke ikan kembungnya lalu istirahatkan selama 10 menit.
  • Selanjutnya panaskan minyak secukupnya, goreng ikan kembung sampai matang lalu tiriskan.
  • Panaskan 3 sdm makan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus pesmol tambahkan daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk tumis sampai harum dan wangi.
  • Masukan 150 ml air masak sampai mendidih, tambahkan garam, gula pasir, merica atau lada bubuk dan kaldu sapi atau jamur, aduk rata.
  • Cek rasa, apabila sudah dirasa pas, masukan ikan kembung goreng, daun bawang, potongan tomat sampai ikan tercampur rata dengan bumbu pesmol.
  • Masak Kembali sebentar sampai airnya mengental dengan api kecil lalu angkat dan siap di sajikan dan disantap oleh keluarga.

Demikian resep ikan goreng Kembung bumbu pesmol, selamat mencoba.

 

#resepanekamasakan

#resepmenumasakan

#resepmenumasakansimple

#resepikangoreng

#resepikanbumbupesmol

#resepikangorengbumbukuning

Comments

Popular Posts