Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Ayam Goreng Lengkuas

 


Ayam Goreng Lengkuas

Berikut ini saya akan menuliskan resep dan cara memasak Ayam goreng Lengkuas. Ayam goreng lengkuas ini merupakan salah satu kreasi dari cara membuat menu masakan yang lebih bervariatif yang memberikan sensasi bumbu lengkuas.

Berikut resep dan cara memasak ayam goreng lengkuas:

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung atau ayam boiler

4 buah lengkuas (parut kasar)

1 butir telur ayam

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 batang sereh keprek

1 lembar daun kunyit ( optional)

500 ml air

Secukupnya garam

1 sdt gula pasir

1 sdt lada bubuk

1 sdt kaldu sapi

Secukupnya minyak goreng untuk mengoreng

Bumbu halus:

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdm ketumbar

2 ruas kunyit

2 ruas jahe

Cara membuat dan memasak:

  • 1 ekor ayam potong 12, lalu cuci bersih
  • Blender halus bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar,kunyit dan jahe.
  • Parut kasar lengkuas.
  • Siapkan wajan atau kuali masukan ayam dan bumbu halus beserta daun-daunan rempah, lengkuas parut dan ditambah dengan 500 ml air. Dan tidak lupa untuk menambahkan garam, gula pasir,kaldu sapi, lada bubuk aduk hingga bumbu tercampur rata, rebus atau ungkap ayam sampai matang dan air tinggal sedikit.
  • Setelah ayam matang dan air tinggal sedikit dalam keadaan masih panas tambahkan 1 butir telur ayam aduk -aduk hingga tercampur rata, pindahkan ayam ke wadah baru.

  • Selanjutnya siapkan kuali dan masukan dan panaskan minyak goreng secukupnya lalu goreng semua ayam yang sudah diungkap tadi sampai kuning kecoklatan.
  • Setelah selesai dilanjutkan dengan mengoreng bumbu lengkuasnya di goreng juga hingga kecoklatan.
  • Setelah matang taburkan diatas ayam goreng tadi.

Demikian resep dan cara masak ayam goreng lengkuas semoga bermanfaat.

Selamat mencoba.



  

Comments

Popular Posts