Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Pempek Dos Tanpa Ikan




 Resep Pempek Dos Tanpa Ikan

Menu makanan ini sangat populer di Indonesia terutama di propinsi Palembang merupakan salah satu makanan pokok dan wajib disana. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan ini karena rasanya yang gurih terdiri dari rasa asin, manis , pedes dan asam.

Pempek Palembang ini terdiri dari berbagai macam varian yaitu pempek pakai ikan dan pempek tanpa ikan, dan jenis bentuknya ada beberapa macam sebut aja seperti pempek kapal selam, Lenjer, dan adaan

Nah sekarang kita akan membuat Pempek tanpa ikan dengan isiannya adalah telur yang tidak kalah enaknya dengan Pempek yang pakai ikan, berikut resep dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan:

125 gram tepung terigu serba guna atau terigu pro sedang

300 gram tepung sagu

300 ml air

2 butir telur

Sesuai selera garam

1 sdt gula

1 sdt merica bubuk

3 siung bawang putih yang di goreng dan di ulek halus

1 batang daun bawang iris tipis

2 butir telur yang di kocok lepas untuk bahan isian pempek kapal selam

Bahan Bumbu Kuah cuko:

4 siung bawang putih

1 bulatan ukuran sedang gula aren atau gula merah

6 cabe rawit hijau

2 sdm ebi atau teri jengki yang sudah di goreng dan dihaluskan

3 cabe merah keriting

2 sdm kecap manis

3 sdm air asam jawa

400 ml air

Secukupnya garam dan gula pasir

Cara membuatnya Pempek Dos:

  • Didihkan 300 ml air dalam panci, tambahkan merica bubuk, garam, gula dan bawang putih halus lalu aduk dan masak  sampai mendidih.
  • Selanjutnya masukan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk sampai tepungnya matang dan tercampur rata.
  • Setelah matang pindahkan adonan tepung ke wadah yang baru dan diamkan sampai menjadi hangat.
  • Selanjutnya masukan 2 butir telur kedalam adonan tepung aduk rata dan masukan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di ulenin hingga adonan menjadi tidak lengket lagi di tangan dan sudah bisa di bentuk atau di cetak.
  • Selanjutnya didihkan air sekitar 500 ml litter di panci yang nantinya akan digunanya untuk memasak pempek yang sudah di cetak.
  • Cetak beberapa adonan menjadi Pempek kapal selam, dari adonan ini  kita akan membuat Pempek kapal selam dan mpek-mpek lenjer
  • Untuk Pempek kapal selam ambil bagian adonan lalu bulatkan,tekan bagian tengah hingga berbentuk kantong dan selanjutnya  tuankan sebahagian kocokan telur lalu di rapatkan atau di tutup. Setelah itu masukan Pempek kapal selamnya  kedalam panci yang berisi air mendidih masak hingga Pempek mengapung, itu tandanya Pempek sudah matang.
  • Selanjutnya bentuk adonan menjadi Pempek Lenjer ambil sekitar 2 sdm adonan bentuk lonjong memanjang setelah dibentuk selanjutnya masukan kedalam panci berisi air mendidih masak sampai pempek mengapung. Bentuk semua adonan sampai adonan habis.

Cara membuat kuah Cukonya:

  • Blender halus bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit hijau, dan Ebi.
  • Selanjutnya didihkan  400 ml air lalu masukan bumbu halus yang sudah di blender tadi masak sampai mendidih.
  • Tambahkan garam, gula secukupnya dan beri 3 sdm air asam jawa 2 sdm kecap manis masak sampai air mendidih kembali lalu matikan kompor untuk pelengkap kuah cuko bisa di berikan irisan cabe rawit hijau dan irisan bawang Bombay.
  • Pempek Dos siap di sajikan dan disantap oleh keluarga, demikian resep dari Pempek Dos semoga bermanfaat.

Selamat mencoba.

 

 

 

Comments

Popular Posts