Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Sambal Lado Tomat


Sambal Lado Tomat

Satu lagi resep dari aneka sambal yang sangat simple dan mudah yaitu sambal lado tomat cocok sebagai menu pelengkap yang bisa di barengi dengan menu aneka soto, sop ayam dan daging, gulai, ikan goreng, ikan bakar dan lain-lainnya.

Langsung aja saya tuliskan resepnya  dan bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

1 ons cabe keriting

5 buah cabe rawit merah jika mau pedas (optional)

1 buah tomat

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Secukupnya garam

1 sdt gula pasir

1 buah jeruk limau

100 ml air

Cara membuatnya:

  • Bersihkan dan kupas cabe, bawang merah, bawang putih, tomat.
  • Siapkan pengorengan masukan air, lalu tambahkan cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dan gula pasir kedalam pengorengan rebus sampai empuk dan airnya surut.
  • Setelah empuk pindahkan rebusan cabe tadi ke ulekan atau blender  lalu ulek atau blender hingga haluskan.
  • Untuk sambal tomatnya supaya tidak cepat basi, masukan kembali sambel tomat yang sudah dihaluskan tadi kedalam pengorengan lalu masak tanpa minyak sebentar kurang lebih 3 menit aja atau hingga panas dan mendidih.
  • Lalu pindahkan sambal tomat ke wadah atau mangkok
  • Terakhir tambahkan perasan air jeruk limau, aduk hingga rata dan cek rasa

Sambal tomat siap di sajikan dan di santap dengan soto, sop atau menu lauk lainnya

Demikian resep dari sambal lado tomatnya .

Selamat mencoba.

 

Comments

Popular Posts