Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Wingko Babat Ala Dapurninda

 



Wingko Babat

Wingko Babat adalah makanan khas dari Semarang ini sangat enak dan rasanya yang manis, legit, kenyal karena terbuat dari tepung ketan dan Juga cocok untuk dijadikan salah satu makanan untuk berbuka puasa.

Biasanya saya selalu beli, tapi kali ini saya akan buat sendiri, saya buat mengunakan 500 gram tepung ketan dan hasilnya dapat banyak sekali dan untuk cetakannya saya pakai cetakan Teflon martabak mini yang memiliki 7 lubang.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat Wingko Babat ala dapurninda adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

500 gram tepung ketan putih

250 gram kelapa parut bagian putihnya saja

75 gram gula pasir jika ingin lebih manis bisa ditambah

1 sdt garam

1 sdt vanili

2 butir telur ayam

75 ml santan kental, (saya pakai santan instant)

100 gram margarine (cairkan)

200 ml air

Cara membuatnya:

  • Masukan kedalam wadah atau panci tepung ketan putih,
  • Lalu tambahkan semua bahan-bahan seperti, kelapa parut, gula pasir, garam, vanili, telur ayam, santan kental aduk hingga tercampur rata.
  • Lalu cairkan margarine dan tambahkan kedalam adonan lalu aduk kembali.
  • beri sedikit demi sedikit air, adonan wingko harus padat ya bukan encer.
  • Panaskan cetakan dengan api kecil dan olesi cetakan dengan margarine lalu masukan masing-masing 2 sdm adonan wingko kedalam cetakan Teflon 7 lubang.
  • Lalu panggang wingko babatnya sampai habis dan matang.
  • Wingko babat siap disajikan untuk menu berbuka puasa atau camilan pendamping disaat minum kopi di sore hari.

Demikian selamat mencoba.

 

Comments

Popular Posts