Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

IKAN TONGKOL DAN KENTANG BALADO PADANG

 





Ikan Tongkol dan Kentang Balado Padang

Ikan Tongri atau Tongkol Tengiri dan Kentang goreng balado adalah menu masakan rumahan yang sederhana yang sangat sering di masak oleh para ibu rumah tangga.

Ikan dan kentang yang di goreng yang diberi sambal goreng cabe merah yang kalo orang padang bilangnya adalah Ikan tongkol dan kentang balado.

Adapun pun resep dan bahan-bahannya adalah sbb:

8 potong ikan tongri/tongkol tengiri

½ kg kentang potong-potong dadu agak besar

Secukupnya garam

1 sdt gula pasir

1 buah tomat (potong kecil) atau bisa juga di ganti dengan 1 sdt air jeruk nipis

Secukupnya minyak goreng untuk mengoreng

Bumbu untuk ikan tongri:

2 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 sdt ketumbar

½ garam

1 ruas kunyit

Bumbu Balado:

1 ons cabe merah

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Cara membuatnya :

  • Cuci bersih ikan tongkol yang sudah di potong-potong
  • Blender halus bumbu untuk ikan seperti bawang putih, jahe, kunyit dan ketumbar lalu balurkan ke ikan tongkol aduk hingga rata dan di beri secukupnya garam. Diamkan atau marinasi kurang lebih 15 menit
  • Kupas kentang lalu potong-potong dadu besar lalu cuci bersih dan tiriskan beri sedikit garam aduk hingga tercampur rata.
  • Blender halus bumbu untuk bumbu balado seperti : cabe merah, bawang putih dan bawang merah dan tomat cukup di potog-potong kecil
  • Siapkan pengoreng beri secukupnya minyak goreng lalu goreng kentang dan Ikan hingga matang.
  • Setelah kentang dan ikan tongkol di goreng siapkan kembali pengorengan tambahkan dengan  5 sdm minyak goreng bisa pakai minyak sisa mengoreng ikan tadi, lalu panaskan.
  • Setelah minyak panas masukan tomat yang sudah di potong-potong masak hingga layu lalu masukan bumbu halus balado kedalam pengorengan, tambahkan garam dan gula pasir goreng  sampai matang dan cek rasa.
  • Setelah cabe dan ladonya matang masukan ikan tongkol dan kentang kedalam kuali atau pengorengan aduk hingga tercampur rata.
  • selesai sudah ikan tongri dan kentang balado, lalu pindahkan kedalam piring atau wadah mangkok.
  • Jadi deh Ikan tongkol dan kentang goreng baladonya dan siap di sajikan dan di santap oleh keluarga.

Demikian resep dan cara membuat Ikan tongri dan kentang goreng balado, selamat mencoba. 

Comments

Popular Posts