Skip to main content

Featured

BIHUN GORENG

  Bihun Goreng Bingung hari ini mau masak apa . maklum ini sudah masuk weekend  yaitu hari jumaat dan isi kulkas sudah pada habis. Cari – cari di lemari untuk bahan makanan ternyata masih tersisa bihun maka ada ide  mau bikin bihun  goreng sajalah. Bihun goreng ini simple, enak dan ekonomis banget. Kita langsung aja ya. Bahan-bahan : 1 bungkus bihun yang isi 4 (rebus sebentar & tiriskan) ½ potong kol (iris kasar) 2 ikat caisim ( cuci bersih & potong-potong) 5 buah bakso daging ( iris tipis) 1 butir telur ayam 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm kecap manis 1 sdm sauce tiram 1 sdt minyak wijen (optional) 1 lembar daun bawang (potong-potong kasar) 1 sdm gula pasir ½ sdt kaldu jamur ½ sdt lada bubuk Secukupnya garam 2 sdm minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 3 butir kemiri   Cara memasaknya: Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi Masuk 1 butir telur goreng lalu

Resep Chicken Katsu ala Rumahan Super Enak dan Renyah



Resep Chicken Katsu ala Rumahan Super Enak dan Renyah

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat populer di masa sekarang, chicken katsu ini berasal dari makanan atau masakan Jepang yang di masak mengunakan potongan daging ayam, daging sapi dll. Cara memasaknya di mana daging ayam atau sapi di pipihkan dengan mengunakan palu daging yang nantinya di balur dengan tepung roti lalu di goreng.

Untuk makanan ini kalo di beli di luar atau restauran cukup merogoh kocek agak dalam dimana kisaran makananya bisa berkisar Rp. 30 – 60 K lumayan mahal juga khan?

Nah untuk itu saya mau berbagi cara membuat chicken katsu ala rumahan di mana modal memasaknya lebih murah dan bisa di makan satu keluarga dan tentu dapatnya lebih banyak

Berikut ini resep dan cara membuat Chicken katsu ala rumahan.

Bahan-Bahan

2 Dada ayam bagian dada mentok ( iris atau fillet melebar dan agak tipis)

     biasanya bisa menjadi 9 fillet dada ayam

2 telur ayam (kocok lepas untuk perekat tepung) kalo kurang bisa di tambahkan telurnya

60 gram tepung terigu

1 kantong tepung roti

Secukupnya garam

1 sdt gula pasir

1 sdt lada / merica bubuk

1 sdt kaldu sapi/ ayam / jamur

1 buah jeruk nipis

Secukupnya minyak goreng untuk mengoreng

Bumbu marinasi fillet dada ayam:

3 siung bawang putih ( haluskan)

2 sdt saos tiram

2 sdt kecap ikan

1 sdt minyak wijen

2 sendok kecap manis

Bahan Pelengkap:

Saos sambel dan saos tomat

Wortel dan buncis rebus

Kentang goreng

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih dada ayam dan diiris tipis atau di fillet melebar menjadi 8 fillet dada ayam
  • Pukul-pukul sedikit dada ayam  dengan palu daging supaya lebih tipis dan bumbu marinasi bisa meresap kedalam daging dada ayam.
  • Beri perasan air jeruk nipis ke fillet dada ayam dan beri sedikit garam aduk diamkan selama 3 menit, setelah itu bilas bersih .
  • Setelah dada ayam ditiriskan masukan kedalam satu wadah, beri bumbu marinasi seperti bawang putih halus atau bisa juga pakai bawang putih bubuk, saos tiram, kecap ikan, kecap manis, minyak wijen, gula pasir, Kaldu, dan garam aduk hingga tercampur rata.
  • Istirahatkan sekitar 15 menit dengan cara di tutup pakai plastic wrapping atau wadah yang tertutup rapat

Setelah 15 menit siapkan :

1 wadah untuk tepung terigu kering beri ¼ sdt lada bubuk dan1/4 sdt Kaldu, aduk rata

1 wadah untuk tepung roti dan

1 wadah lagi untuk 2 telur ayam yang di kocok Lepas

  • Ambil tiap potongan fillet dada ayam yang sudah di marinasi lalu balurkan kedalam tepung terigu kering, lalu di lanjutkan di celupkan kedalam telur ayam yang sudah di kocok lepas dan berikutnya balurkan ke dalam tepung roti.
  • Lanjutkan membalurkan fillet dada ayam sampai habis,
  • Selanjutnya siapkan pengorengan dan panaskan minyak goreng secukupnya setelah minyak  panas goreng fillet dada ayam hingga matang kuning kecoklatan.
  • Goreng fillet dada ayam semuanya atau kalau mau di sisain bisa kita simpan dalam tupeware atau plactik dan disimpan dalam freezer.
  • Setelah semua tergoreng jadilah chicken katsu ala rumahan yang tidak kalah enaknya dengan Restaurant di luar sana.

Demikian resep dan cara membuat chicken katsu ala rumah selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 #Cara membuat Ayam Katsu bisa di tonton di youtube channel saya : Dapur Denai:

 https://youtu.be/CBLq3_k6UXI

 

Comments

Popular Posts